Kaleidoskop SustaIN 2019 ; Ringkasan Perjalanan Bertumbuh

 

 

Satu tahun sudah SustaIN melangkah, berkembang, bergerak bersama dengan mitra kami membangun semangat integritas untuk Indonesia. Sebuah perjalanan panjang yang terangkum dalam Kaleidoskop 2019, kilas balik kegiatan SustaIN selama satu tahun ini :

Maret 2019, SustaIN mengadakan public training yang pertama pada tahun 2019. public training ini adalah mengenai  “ ISO 37001:2016 Anti-Bribery Management System (ABMS) Introduction Training. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 21-22 Maret 2019 dengan peserta dari multi sektor untuk memahami Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang sesuai dengan standar internasional. Selanjutnya, Maret dan April 2019 SustaIN menjadi pemateri dalam rangkaian kegiatan Seminar SNI ISO 37001 : 2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang diselenggarakan oleh Indonesia Bussiness Link. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di beberapa kota yaitu Serang, Ternate, Batam, Surabaya, Medan dan Padang. Peserta dalam seminar ini merupakan pelaku usaha dari daerah setempat dan juga dihadiri Aparatur Pemerintah Daerah.

Pada April 2019, SustaIN kembali menyelenggarakan public training mengenai “Legal for Non Legal” yang pertama di tahun 2019 ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada para peserta tentang pengertian hukum, sistem hukum di Indonesia, badan hukum, perjanjian, surat kuasa serta hak atas kekayaan intelektual. Peserta pada training ini adalah professional dari berbagai perusahaan di Indonesia yang  tidak memliki latar belakang hukum sebelumnya. Kemudian, pada November 2019 dengan antusiasme yang sama, public training “ Legal for Non Legal”  batch 2 dapat terlaksana.

Melanjutkan dari tahun 2018, SustaIN melakukan Technical Assistant dan Workshop ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di tiga Pengadilan Negeri yaitu PN Padang, PN Makassar dan PN Denpasar di bulan April 2019. Kegiatan ini merupakan kerjasama SustaIN dengan Badan Pengawas Mahkamah Agung (BAWAS MA) dan USAID-CEGAH. SustaIN dipercaya menjadi konsultan oleh BAWAS MA dan USAID-CEGAH dalam memberikan pemahaman mengenai SMAP dan membantu tujuh Pengadilan Negeri di Indonesia membenahi sistem Pengadilan Negeri secara organisasi serta semangat integritas melawan Korupsi. Begitu juga dengan disusulnya PN Pangkalpinang, sebagai Pengadilan Negeri ke tujuh yang didampingi oleh SustaIN untuk Technical Assistant dan Workshop SMAP. Perjalanan SustaIN bersinergi dan berdinamika bersama sampai dengan berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 37001:2016. Ketujuh Pengadilan Negeri ini berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang penyerahannya dilakukan tanggal 30 Desember 2019 di BAWAS MA.

Masih dengan semangat yang sama untuk membagi manfaat ilmu mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan, pada Juli dan Agustus 2019 SustaIN diundang sebagai pemateri dalam dua in house training. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT. Toyota Boshoku Indonesia yang bergerak di bidang industry otomotif dan PT. Indonesia Power yang bergerak dalam bidang ketenagalistrikan. Training ini tidak hanya sebagai bentuk pengenalan ISO 37001 : 2016 tetapi juga memberikan pengayaan melalui analisis kasus Tindak Pidana Korupsi baik perorangan maupun Korporasi.

Pada bulan September, SustaIN berkesempatan untuk memberikan “Corruption Investigation Team Building” untuk sub bidang Tindak Pidana Korupsi Direktorat Rekrimsus Polda Metro Jaya. Pelatihan yang dihadiri 18 peserta ini menggunakan konsep Neuro Lingustic Programming (NLP) yang dikemas menjadi sangat menarik dengan berorientasi pada pemberdayaan dan kerjasama tim.

Tidak hanya itu, tahun 2019 ini juga SustaIN dipercaya oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) serta USAID-CEGAH sebagai penyelenggara tahun kedua Kompetisi SP4N – LAPOR! 2019. Kegiatan ini berjalan dari Juli hingga Desember 2019. Adapun, Kompetisi Pengaduan Pelayanan Publik Pemerintah ini diikuti oleh Instansi Pemerintah (IP) Penyelenggara Pengaduan Pelayanan Publik dan Unit Pelaksana Pelayanan (UPP)  yang berada di Pusat maupun dibawah Pemerintahan Daerah. Pada penyelenggaraan tahun 2019 ini, mengalami peningkatan peserta 92,5% dari tahun sebelumnya dengan capaian 312 instansi yang mendaftar terdiri dari 187 IP dan 165 UPP. Perjalanan panjang seleksi dokumen yang meloloskan  40 besar peserta yang akan masuk ke tahap penjurian. Hingga akhirnya menetapkan 13 pemenang yang terdiri dari 10 Instansi Pemerintah (IP) dan 3 Unit Pelaksana Pelayanan (UPP)

Pencapaian lain untuk membangun sinergi dalam integritas tidak berhenti, SustaIN dipercaya oleh PT. PLN (Persero)  untuk melakukan Analisa Kesenjangan terhadap Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016 pada lingkup PLN Pusat. Mengawali dengan kick off dan workshop di pusdiklat PLN, Jakarta Selatan untuk melakukan Fraud Risk Assement dan Pengenalan SMAP. Kemudian selama Oktober sampai Desember 2019 melakukan Technical Assistant dengan mewawancara seluruh perwakilan divisi di lingkungan PLN Pusat, kemudian membuat laporan dan paparan hasil analisis kesenjangan.

Pada November 2019, Senior Advisor SustaIN, Pauline Arifin berkesempatan untuk exchange knowledge dan pengalaman pada  Anti-Fraud Awareness Week di Sarajevo, Bosnia dan Hergezovina. Kegiatan ini merupakan kerjasama Deloitte yang didukung oleh GIZ Project Strengthening Public Institution. Pauline diundang untuk berbagi ilmu mengenai ISO 37001:2016 kepada para peserta Conference dalam sesi Global Trends and Experiences in the Fight Against Corruption serta pada sesi The role of Media and NGO’s in Whistleblower Protection.

Menuju Desember 2019, dengan tetap membawa semangat berkembang dan bersinergi. SustaIN menyelenggarakan dua workshop user test modul. Pertama adalah, User Test Modul Pembelajaran Anti Korupsi Bagi KPH ; Membangun Pengelolaan Hutan Berintegritas di Tingkat Tapak. User Test ini bekerjasama dengan Pusat Edukasi Anti Korupsi KPK, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Project Assistance in Preventing and Combating Corruption (APCC), GIZ Forclime bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dimana SustaIN diamanahkan untuk menyusun Modul pembelajaran dan trainer dalam User Test. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-6 Desember 2019 dengan peserta dari beberapa perwakilan KPH di Indonesia, serta beberapa tenaga profesional Stranas PK dan BP2SDM KLHK. Kedua adalah workshop simulasi modul penanganan Tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang berasal dari Tindak Pidana Korupsi (TPK) bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Jaringan dan Kerja Sama Antar Komisi dan Instansi KPK (PJKAKI KPK) dan Australia Home Affair. Kegiatan ini melibatkan beberapa pakar dari yaitu Yunus Husein (Pakar TPPU), Budhy Tanddo (AMLAT) serta Dan Burnicle (AFP). Pelaksanaan dari workshop ini pada tanggal 12-13 Desember 2019 dengan peserta yang merupakan Hakim, Jaksa, Penyidik KPK, Kepolisian dan PPATK.

Ikhtiar ini belum selesai, masih menjadi ladang SustaIN untuk terus belajar, berkembang, bertumbuh dan bersinergi. Semoga di tahun 2020 membawa semangat baru, terimakasih 2019!

 

Salam,

SustaIN. (HP)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *