Kegiatan SustaIN: Pelatihan Prospective Analysis untuk Kebijakan yang Lebih Baik

Pada tanggal 24 Juni 2020 hingga tanggal 25 Juni 2020, SustaIN melaksanakan Pelatihan Prospective Analysis di Hotel Pullman, Ciawi, Bogor untuk para peserta dari POLRI. Prospective Analysis merupakan suatu pendekatan analisis kebijakan yang menggunakan prinsip partisipatif dan transparansi yang terintegrasi, serta berbasis “integrated analytical participatory scenario planning approach”. Meskipun pelatihan ini dilaksanakan secara offline, para peserta dipastikan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh Pemerintah pada saat pelaksanaan kegiatan.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan tiga tools utama Prospective Analysis yaitu MICMAC (Indikasi Variabel), MACTOR (Analisis Stakeholder) dan MULTIPOL (Analisis Skenario Terstruktur). Penerapan ketiga tools tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses analisis strategi serta perumusan kebijakan. Penggunaan Prospective Analysis dalam bidang hukum dan kepolisian kerap ditemukan dalam berbagai analisis strategi seperti analisis organized crime dan intelijen, prediksi cybercrime di Eropa dan lainnya sebagainya.

 

Pelatihan  Prospective Analysis didesain interaktif diawali dengan pemaparan materi mengenai kaidah teoritis serta prinsip filosofis dari Prospective Analysis. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi implementasi komputasi tiga tools utama oleh Prof. Dr. Ir Akhmad Fauzi.M.Sc dan didukung oleh Dr. Ir. Hania Rahma M.Si. Pada sesi terakhir pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk menyelesaikan case study serta diskusi kelompok (hands on exercises) untuk menyelesaikan masalah.

 

Peserta memberikan feedback yang sangat positif terhadap pelatihan ini. SustaIN berharap pelatihan ini dapat memperkuat kompetensi dan profesional peserta maupun kualitas organisasinya dalam perumusan kebijakan. Hubungi kami untuk info lebih lanjut. (PH/DSS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *