Laporan Kegiatan SustaIN: eMpowering Youth Across ASEAN (EYAA) ASEAN Foundation Capacity Building Workshop Organisational and Financial Management , 7-8 September 2021

ASEAN Foundation didukung Maybank Foundation menyelenggarakan eMpowering Youth Across ASEAN (EYAA) Cohort 2 tahun 2021. Program ini merupakan kegiatan yang  sudah berjalan sejak diluncurkan pada peringatan Hari ASEAN tanggal 8 Agustus 2018. Program ini merupakan media pembelajaran untuk pemuda dan pemudi ASEAN untuk menerapkan ide serta memberikan  solusi riil yang dilakukan Youths dan CSOs terhadap tantangan-tantangan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada masyarakat di negara-negara ASEAN.

Pada tahun 2021, program EYAA diselenggarakan secara daring dengan total 91 peserta dari 10 negara-negara ASEAN bersama dengan 10 perwakilan dari CSO yang berfokus pada bidang pendidikan, seni, dan lingkungan. Program ini terdiri dari Capacity Building Workshop Training dengan lima tema besar yaitu (1) design thinking and human-centred design; (2) organisational management (3) impact measurement and reporting; (4) public campaign and communication; and (5) sustainability  dan pembelajaran daring dengan media google classroom.  SustaIN, sebagai mitra terpilih oleh ASEAN Foundation  mendampingi peserta dan CSO dalam mengembangkan Virtual Project Proposal dan Concept Note  yang berbasis pencapaian pada dampak dan berkelanjutan untuk kemudian diimplementasikan. 

Pada tanggal 7 September 2021, Senior Advisor SustaIN, Muhammad Fahmi sebagai coach memberikan pelatihan untuk tema organisational management kepada peserta. Selain Fahmi, tim fasilitator SustaIN Wibi Anska, Hanindita, Dwi Siska dan Pauline Arifin yang mendampingi seluruh Peserta berdiskusi konstruktif mengenai organisational management dan pengelolaan keuangan project.Pada kegiatan tersebut juga dihadiri oleh dua pembicara tamu yang merupakan alumni dari EYAA Cohort 2 yaitu Dian Nursiwi dari GREAT Indonesia dan Khun Bunlee dari KHEN Kamboja. Sesi alumni sharing mengawali sesi pelatihan agar peserta mendapatkan gambaran dan motivasi untuk mengimplementasikan ide-ide hebat dan bagaimana menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan program dalam masa pandemi. 

Selanjutnya, masuk ke dalam sesi pelatihan, peserta mempelajari bagaimana membuat perencanaan dalam sebuah kegiatan dengan memahami dengan detail dari tujuan, jenis-jenis kegiatan, dan output dari project yang dilakukan. Peserta juga mempelajari dalam mengidentifikasi risiko-risiko dari masing-masing kegiatan yang dilakukan dalam project, hal ini dilakukan agar peserta dapat memahami risiko dan menyusun langkah mitigasi risiko bersama tim. Kemudian, materi ini dilanjutkan tanggal 8 September 2021 untuk financial management. Peserta mempelajari bagaimana menyusun rencana keuangan pada kegiatan mereka dengan detail, termasuk juga tentang persiapan bukti-bukti yang perlu dilampirkan untuk menyusun laporan keuangan. 

Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias dan aktif dalam berdiskusi untuk bisa mendapatkan pemahaman lebih sebagai bekal penyusunan proposal dan implementasi project kedepannya. 

Sesi pelatihan selanjutnya akan dilaksanakan tanggal 15 September (impact measurement) dan 17 September (reporting) oleh Senior Advisor SustaIN, Dwi Siska Susanti, serta terakhir tanggal 18 September (public campaign and communication) oleh Direktur dan Senior Advisor SustaIN, Pauline Arifin. 

(HP/PA)

Keywords: training, workshop, ASEAN, youths, CSO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *