Kegiatan SustaIN : Fasilitasi Pelatihan Persiapan Penyuluh Antikorupsi Pendamping Desa

Desa yang berjumlah 74.957 desa berperan penting dalam membawa Indonesia menuju negara yang stabil perekonomiannya juga kelestarian tak hanya alam, namun juga budaya.

Rapat Paripurna DPR RI tanggal 24 September 2019 telah menyetujui Rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020 untuk disahkan menjadi Undang-Undang. Salah satu bagian penting dari belanja negara tersebut adalah Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), yang jumlahnya mencapai Rp856,94 triliun. TKDD tersebut terdiri dari transfer ke daerah sebesar Rp784,94 triliun dan dana desa sebesar Rp72,00 triliun.

Senior Advisor SustaIN, Nadia Sarah dan Pauline Arifin terlibat aktif menjadi Fasilitator dalam 3 Hari Pelatihan mempersiapkan para Pendamping Desa untuk menjadi Penyuluh Antikorupsi. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari di Pusat Edukasi Antikorupsi (Anti-Corruption Learning Center) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 
 
Pada pelatihan tersebut, para Pendamping Desa dilatih terkait substansi pemahaman antikorupsi; Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, serta tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 303, Tahun 2016 tentang standar kompetensi bagi Penyuluh Antikorupsi. Pada SKKNI 303/2016 terdapat 3 jenjang; Pratama, Madya dan Utama. Senior Advisor SustaIN juga menjadi bagian dari tim perumus SKKNI 303/2016.
 
Harapannya, para Pendamping Desa semakin mampu dan kompeten dalam melakukan pendampingan bagi perangkat Desa, terutama dalam kaitannya dengan pengelolaan dana-dana yang masuk ke desa dengan pengelolaan yang akuntabel, transparan, profesional dan berintegritas. Kegiatan tersebut juga menggunakan Neuro-Linguistic Programming (NLP), memperkenalkan metode NLP dan praktik langsung bagaimana mengelola linguistic yang digunakan agar fokus pada pemberdayaan masyarakat dan meminimalisir secara sadar risiko masyarakat merasa pesimis bahwa budaya Indonesia adalah mulia, berakhlak, berbudi pekerti luhur. 
 
 
Let’s Stand for Integrity, Professionalism & Anti-Corruption!
 
Salam SustaIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *