Korporasi Indonesia Melawan Korupsi: Strategi Pencegahan

Korporasi Indonesia Melawan Korupsi: Strategi Pencegahan merupakan judul paper yang disusun oleh Advisor SustaIN, Dwi Siska Susanti, Nadia Sarah dan Nurindah Hilimi. Paper ini terpilih sebagai salah satu paper yang dipaparkan dalam Anti Corruption Summit 2018 di Fakultas Hukum Univesitas Hasanuddin, Makassar yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2018. Paper ini kemudian diterbitkan dalam Jurnal Integritas KPK Volume 4 Nomor 2, Desember 2018.

Penulisan paper ini dilatabelakangi bahwa data penanganan kasus tindak pidana korupsi maupun berbagai survei dan penelitian terkini yang menunjukkan bahwa pihak swasta atau korporasi di Indonesia tidak hanya sebagai korban dari sistem yang korup, namun juga menjadi pelaku korupsi itu sendiri. Oleh karenanya, korporasi merupakan salah satu pihak yang seharusnya turut berperan serta dalam melakukan upaya pencegahan korupsi. Penerapan praktik pencegahan korupsi oleh internal korporasi telah jamak dilakukan di beberapa negara, hal ini memungkinkan untuk dapat diterapkan pula di Indonesia dengan penyesuaian lebih lanjut dalam konteks Indonesia. Paper ini bertujuan untuk memperkaya kajian dan studi mengenai strategi pencegahan korupsi di sektor swasta/korporasi yang dapat berkontribusi pada pencegahan korupsi secara nasional.

Pembahasan dilakukan dalam tiga bagian. Pertama, membahas kebijakan dan regulasi antikorupsi di Indonesia yang terkait dengan korporasi. Kedua, membahas program antikorupsi yang dapat diterapkan oleh korporasi. Ketiga, membahas efektivitas program antikorupsi oleh korporasi. Pada akhir tulisan, Penulis menyimpulkan dan memberikan saran terutama kepada pihak Regulator dalam tiga hal pokok.

(DSS)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *